Selasa, 17 Juni 2008

LARANGAN BERKATA ATAS NAMA ALLOH DENGAN TANPA ILMU


Pokok dari segala penyimpangan dan kesesatan adalah berkata dengan tanpa ilmu dan sebab dari segala perselisihanpun juga adalah berkata dengan tanpa ilmu ,berkata ali RA.”Ilmu itu adalah sebuah titik yang diperbanyak oleh orang orang yang tidak tahu”.
Dan berkata imam al ghozali”Seandainya orang yang tidak tahu itu diam niscaya hilanglah perselisihan “.
Maka dari itu Alloh swt mengharamkan berkata dengan tanpa ilmu dengan sebenar benarnya pengharaman .berfirman alloh swt ;

“ Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”
Dan berfirman ;

“ Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.".
Dan ini semua mengharuskan seseorang agar bermenimbang nimbang sehingga tidak meyakini suatu keyakinan dan mengatakan suatu perkataan sampai menjadi jelas baginya melalui ilmu yang benar

Tidak ada komentar: